Rembang Pasuruan Jawa Timur

MAJELIS SHALAWAT BANJARI DARUL ULUM

Shalawat Banjari Darul Ulum merupakan jam'iyyah shalawat yang didiirikan oleh Gus Dinullah pada tajun 2013 yang didampingi oleh Gus Is'adurrofiqi dan Ustadz Zainuri di bawah naungan Yayasan Sosial Pesantren Darul Ulum Rembang. Kemudian pada tahun 2022 ada pergantian kepengurusan, Penasehatnya Ustadz Rokhim dan Ketua pelaksana Mas Agus Zahidin Bin KH. Achyat Chulaimi.

Majelis shalawat ini bertujuan untuk memperat tali silaturahmi dengan masyarakat melalui ibadah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang ditunggu syafaatnya, yang harapan akhirnya membangun keantusiasan masyarakat terhadap program-program Pondok Pesantren Darul Ulum.

Selain itu Majelis Shalawat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan para santri, supaya mempunyai peran di masyakarakat ketika sudah berumah tangga karena keterampilan banjari sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat. Dengan bekal keterampilan majelis shalawat ini nantinya ilmunya dapat bermanfaat bagi umat manusia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap hari jum'at mulai jam 19:00 sampai 21:30 WIB yang diikuti oleh 110 peserta terdiri dari kalangan masyarakat senior maupun pemuda sekitar Ponpes Darul Ulum.

Pelaksanaan acara ini dilaksanakan berkeliling dari rumah warga satu ke rumah yang lain sesuai dengan giliran yang diacak oleh panitia shalawat, namun diwaktu khusus majelis shalawat Darul Ulum diundang ketika ada hajatan pernikahan warga maupun acara yang lain.

Dalam rangka mengsukseskan acara ini banyak pihak alumni Ponpes Darul Ulum yang terlibat diantaranya Ustadz Ikhsan dan Ustadz Abdurrahman sebagai ketua acara untuk mengsukseskan berjalannya acara tersebut, mulai peralatan sound sistem dan alat kesenian banjari.

Acara tersebut bisa mendapatkan antusias dari masyarakat karena masyarakat diberikan kebebasan untuk menabung / arisan dalam setiap pertemuan.

Adapun rangkaian acara adalah

1. Tahlil

2. Pembacaan simdudduror

3. Lantunan lagu qosidah

4. Do'a

5. Ramah tamah

Majelis shalawat ini dari pertama berdirinya mendapat antusias yang sangat luar biasaz semoga majelis ini tetap keberikan kelancaran sampai yaumil qiyamah AAMIIIINNN.

Tag : MAJELIS
0 Komentar untuk "MAJELIS SHALAWAT BANJARI DARUL ULUM"

Back To Top